Toto

Guatemala merencanakan KTT bulan Maret untuk negara-negara yang ‘ramah Taiwan’

Guatemala berencana untuk mengadakan pertemuan puncak terhadap bulan Maret untuk pejabat senior berasal dari negara-negara “ramah Taiwan” dan meminta Presiden Taiwan Tsai Ing-wen dapat hadir, kata duta besar Guatemala di Taipei terhadap hari Senin.

Guatemala adalah satu berasal dari hanya 14 negara yang menjaga hubungan diplomatik formal bersama Taiwan yang diklaim China, dan keliru satu berasal dari tiga sekutu yang tersisa di Amerika Tengah, bersama Honduras dan Belize.

Berbicara sesudah memberikan mandat diplomatiknya kepada Tsai sebagai duta besar baru di Taiwan, Oscar Adolfo Padilla Lam memastikan ulang persahabatan negaranya, menurut pembacaan pertemuan berasal dari kantor kepresidenan Taiwan.

“Sebagai rekan dan sekutu Taiwan yang tidak berubah, Guatemala berniat mengadakan pertemuan tingkat tinggi negara-negara kawan baik Taiwan terhadap Data SDY bulan Maret untuk mempromosikan pertukaran antara negara-negara kawan baik dan memastikan ulang pengakuan dan perlindungan untuk Republik Tiongkok, Taiwan,” katanya, mengacu terhadap nama formal pulau.

Saluran Standar

Selengkapnya>>
“Jika konsep perjalanan Presiden Tsai memungkinkan, aku mau dia sanggup memimpin pertemuan penting seperti itu bersama Presiden (Alejandro) Giammattei.”

Tsai, yang mengunjungi Guatemala terhadap 2017, tidak mengatakan di dalam pengakuan berasal dari kantornya mengenai pertemuan itu apakah dia dapat menerima undangan tersebut.

Namun, dia berterima kasih kepada Guatemala atas dukungannya, juga mengirim Menteri Luar Negeri Mario Bucaro ke Taipei terhadap Agustus sesudah China lakukan latihan perang di dekat pulau itu.

China telah meningkatkan tekanan militer dan politik terhadap Taiwan untuk menerima klaim kedaulatannya, membuat kemarahan berasal dari pulau yang diperintah secara demokratis, yang telah berulang kali mengatakan tidak dapat diganggu dan miliki hak untuk berpartisipasi internasional.

Tetangga Guatemala, Honduras, telah jadi sumber keprihatinan bagi Taiwan.

Presiden Honduras Xiomara Castro, yang menjadi Keluaran SDY menjabat terhadap bulan Januari, telah mengatakan di jalur kampanye bahwa dia terbuka untuk mengawali hubungan formal bersama Beijing, kendati mundur berasal dari itu sesudah menjabat.

Perburuan China terhadap teman-teman Taiwan juga jadi perhatian Amerika Serikat, yang mewaspadai pengaruh China yang berkembang di Amerika Latin, Karibia, dan Pasifik di mana beberapa besar sekutu Taiwan berada.

China mengatakan Taiwan cuman keliru satu provinsinya, tanpa hak untuk hubungan negara-ke-negara.

Negara terakhir yang menyeberang ke Beijing berasal dari Taipei adalah Nikaragua Desember lalu.