Toto

Boom untuk restoran, rasa sakit untuk pasar basah

Pengunjung kembali ke restoran untuk pesta titik balik matahari musim dingin alih-alih makan di rumah karena industri katering mencatat HK$350 juta dalam bisnis – lebih dari 10 persen lebih tinggi dibandingkan pada hari yang sama tahun lalu.

Bisnis selama liburan Natal diharapkan tetap pada HK$350 juta per hari.

Restoran hampir penuh dipesan akhir-akhir ini dan akan menambah meja hingga 40 untuk jamuan makan selama Tahun Baru Imlek bulan depan, kata veteran katering Simon Wong Ka-wo.

Saluran Standar

Selengkapnya>>

Wong, presiden Federasi Restoran dan Perdagangan Terkait, mengatakan tingkat pemesanan di restoran kemarin melonjak dari sekitar 50 persen menjadi 90 persen setelah pemerintah melonggarkan pembatasan Covid dan menghapus batas kapasitas di tempat umum – termasuk batas 240 orang di tempat perjamuan. .

Orang juga tidak lagi diharuskan menjalani tes antigen cepat sebelum menghadiri pesta.

Wong mengatakan, meski bisnis Keluaran SDY katering naik 10 persen dari tahun lalu menjadi HK$350 juta tahun ini, masih lebih rendah dari HK$420 hingga HK$450 juta sebelum pandemi.

“Relaksasi dalam langkah-langkah anti-Covid membuat orang lebih rela makan di luar,” katanya.

“Sektor catering juga mengamati banyak orang yang sudah memesan meja perjamuan meminta penambahan jumlah tamu. Beberapa pelanggan yang sebelumnya hanya bisa memesan 20 meja untuk 240 tamu, langsung meminta penambahan menjadi 30 atau 40 meja,” katanya.

Tetapi Wong mengatakan kepada The Standard bahwa bisnis selama liburan Natal dari hari ini hingga Senin akan bertahan sekitar HK$350 juta per hari -10 hingga 15 persen lebih rendah daripada selama masa prapandemi – karena kurangnya turis dan karena banyak penduduk lokal bepergian ke luar negeri.

Pengecer pasar basah, sementara itu, mengalami penurunan bisnis karena banyak orang memilih untuk tidak memasak di rumah tetapi makan di luar.

“Sementara restoran melihat lebih banyak pelanggan, pasar basah menjadi lebih sepi dan bisnis kami berkurang setidaknya 20 persen,” kata seorang pemilik kios sayur di Kowloon City Market.

Seorang pemilik warung yang menjual ayam hidup juga mengamati penurunan pelanggan, dengan mengatakan: “Beberapa pelanggan tetap kami yang sudah melakukan pemesanan membatalkannya.”